Tembakau Kekayaan Torjun


     Desa torjun, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang berada didataran rendah dengan luas wilayah 3,62 Km, luas tanah sawah 235,56 , tanah kering 126,68 , Luas wilayah Desa Torjun sendiri secara administrasi 3.63 km2 ( 8.19% ).Keadaan topografi Desa Torjun berkisar antara 0 – 15 meter di atas permkaan laut. Desa Torjun ini termasuk desa pinggiran di Kabupaten Sampang. Tingkat kelerengan Desa Torjun yang merupakan gambaran perbedaan ketinggian dari dua tempat berbeda yang dinyatakan dalam suatu persen adalah datar ( 0-2% ) yaitu 2.615,00 ha, bergelombang ( 3-15% ) yaitu 1.725,50 ha, curam ( 16-40% ) yaitu 75,50 ha. Ketinggian wilayah ini merupakan unsur terpenting dalam penyediaan ketersediaan fisik tanah.



     Keadaan iklim di Desa Torjun terdiri dari dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pergantian musim itupun tidak menentu. Hal ini menyebabkan Desa Torjun kurang memiliki tanah yang subur, sehingga sangat mempengaruhi hasil pertanian masyarakat. Terlebih lagi, Desa Torjun terdiri dari sawah yang tingkat kesuburannya kurang. Tetapi secara normal, musim kemarau terjadi dari bulan April sampai bulan Oktober, sedangkan musim penghujan terjadi dari bulan Oktober sampai bulan April.
    Pertanian merupakan mata pencaharian utama masyarakat Desa Torjun. Selain itu, mata pencaharian lain selain di bidang pertanian yang dilakukan oleh masyakat disana adalah di bidang peternakan. Biasanya masyarakat memilih untuk beternak di pekarangan-pekarangan tempat tinggal karena keterbatasan lahan. Hewan yang bisanya diternakkan seperti sapi, kambing, ayam, dan unggas-unggas yang lainnya. Akibat curah hujan yang tidak merata, telah menjadikan Desa Torjun ini gersang di musim kemarau. Walaupun keadaan tanah di Desa Torjun tandus, 70-80% masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sangat tergantung pada kegiatan pertanian dan peternakan.



    Dengan keadaan tersebut, Desa Torjun terkenal dengan pertanian Tembakau. yang terhampar luas di persawahan warga desa, nantinya tembakau akan ditimbun dan diolah sedemikian rupa. 

Segitu dulu ya, sekilas pandangan tentang Desa torjun, Semoga bermanfaat, 



sumber :





created by : KKN 07, DESA TORJUN, KECAMATAN TORJUN, SAMPANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome to Torjun Village

Pemberian Suntik Vaksin Diftri

Senam Bersama Warga Desa torjun