Sosialisasi Pestisida Nabati (Proker Utama) KKN 07



Torjun, SAMPANG,- Program kerja utama mahasiswa KKN 07 Universitas Trunojoyo Madura yaitu Penyuluhan dan Pembuatan Pestisida Nabati (PESNAB). Pelaksanaan penyuluhan dilakukan di Dusun Kendeng Desa Torjun yang ikuti oleh masyarakat dari kelompok tani setempat. Tujuan penyuluhan dan pelatihan pembuatan PESNAB yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat  akan pentingnya pemakaian pestisida bahan kimua yang tidak ramah lingkungan serta untuk  mengurangi pemakaian pestisida dari bahan kimia.
Pestisida Nabati (PESNAB) merupakan pestisida dengan bahan dasar tumbuh-tumbuhan. Bahan dasar yang digunakan pembuatan PESNAB oleh Kelompok KKN 07 Torjun  yaitu  Daun Mimba, dimana daun mimba di desa Torjun, keberadaanya banyak dan tumbuh liar di kebun-kebun sekitar. Pestisida ini mempunyai kandungan bahan aktif  yang dapat menghambat adanya serangga pada tumbuh-tumbuhan. Bahan yang dapat digunakan sebagai PESNAB tidak hanya daun mimba, di antaranya daun yang dapat digunakan yaitu daun tembakau dan daun sirsak. Kelebihan Pestisida Nabati (PESNAB) yaitu bahannya mudah didapat, harganya murah, pembuatannya mudah serta ramah lingkungan, namun kekurangan dari  PESNAB yaitu tidak tahan lama serta reaksinya pada tumbuhan agak lama.



Segitu dulu ya, sekilas kegiatan kelompok KKN 07 TEMATIK universitas trunojoyo madura, sukses selalu untuk kita,Semoga bermanfaat, 

#KKN 07
#ULALAAAAAAAA




created by : KKN 07, DESA TORJUN, KECAMATAN TORJUN, SAMPANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome to Torjun Village

Senam Bersama Warga Desa torjun

Pemberian Suntik Vaksin Diftri