Mengajar ke SD Negeri Torjun I-III


     Salah satu pengertian pendidikan yang sangat umum dikemukakan oleh Driyarkara (1980) yang menyatakan bahwa pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia muda ke taraf insani harus diwujudkan di dalam seluruh proses atau upaya pendidikan. Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa “Pendidikan adalah Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”. 
     Data UNICEF tahun 2016 sebanyak 2,5 juta anak Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan lanjutan yakni sebanyak 600 ribu anak usia sekolah dasar (SD) dan 1,9 juta anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Begitupula data statistik yang dikeluarkan oleh BPS, bahwa di tingkat provinsi dan kabupaten menunjukkan terdapat kelompok anak-anak tertentu yang terkena dampak paling rentan yang sebagian besar berasal dari keluarga miskin sehingga tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. 


     Menurut data kecamatan torjun dalam angka tahun 2017 banyaknya taman kanak-kanak sebanyak 5 sekolah dengan jumlah murid 281, sekolah dasar sebanyak 4 sekolah dengan jumlah murid 547, sekolah menengah pertama sebanyak 2 sekolah dengan jumlah murid 571, sekolah menengah atas sebanyak 1 sekolah dengan jumlah murid 661.
   Dalam upaya Penpeningkatan mutu pendidikan Desa torjun, Kecamatan Torjun, Kabupaten Bangkalan,  kelompok KKN 07 bekerja sama dengan SD Negeri I-III Torjun mengadakan kegiatan belajar mengajar untuk kelas III dan III B, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan warna baru dari proses belajar mengajar untuk siswa sekolah dasar.  


(vidio kegiatan proses belajar mengajar di SD Negeri I-III Torjun)


sumber :


Segitu dulu ya, sekilas kegiatan kelompok KKN 07 TEMATIK universitas trunojoyo madura, sukses selalu untuk kita,Semoga bermanfaat, 

#KKN 07
#ULALAAAAAAAA




created by : KKN 07, DESA TORJUN, KECAMATAN TORJUN, SAMPANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome to Torjun Village

Senam Bersama Warga Desa torjun

Pemberian Suntik Vaksin Diftri