Ayo Menabung

 

     Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar yang ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung. Manfaat menabung merupakan kegiatan yang baik untuk dipupuk sejak dini, karena melatih menabung bagi anak-anak akan memberikan dampak positif untuk kehidupan mendatang. Menabung bagi anak-anak bisa di mulai dari hal-hal kecil seperti menyisihkan sebagian uang jajannya yang kemudian di masukkan ke dalam celengan. Penerapan sikap ini akan memberikan manfaat menabung yang baik seperti berikut ini :
  • Belajar untuk mengatur uang yang dimiliki
  • Belajar disiplin karena menabung membutuhkan konsistensi dan ketekunan
  • Lebih menghargai uang karena si anak diajarkan untuk menyisihkan uang


     Nama celengan berasal dari kata celeng (babi hutan). Meskipun begitu, bukan berarti celengan ada hubungannya dengan babi ngepet yang suka mencuri uang warga. Di Eropa sana, babi adalah makanan. Jadi mereka suka membuat dan memiliki celengan berbentuk hewan tersebut. Seiring perkembangan zaman, celengan dibikin tidak hanya berbentuk babi. Di toko-toko Indonesia sendiri dapat dengan mudah ditemukan celengan bentuk lain. Seperti ayam betina, jago, angsa, bahkan wujud lain yang bukan binatang. Walau bentuk bermacam-macam, tetapi nama tetap sama: celeng-an.


alat dan bahan yaitu :
1. botol bekas
2. styrofoam
3. cat air
4. kuas
5. kertas asturo
6. lem
7. mata boneka
8. gunting

Langkah-langkah cara membuat celengan babi dari botol bekas
  1. buatlah 4 kaki babi menggunakan styrofoam, bisa juga menggunakan tutup botol jika ada. warnai styrofoam dengan cat air. tunggu hingga kering.
  2. buatlah sepasang telinga babi dengan kertas menggunakan gunting. buat dahulu pola dasar dan pola isi dengan warna yang berbeda, lalu rekatkan menggunakan lem. 
  3. balut botol dengan kertas dan tempelkan juga sepasang kuping yang sudah dibuat pada botol menggunakan lem.
  4. lubangi botol menggunakan cutter.
  5. tempelkan kaki yang sudah dibuat pada botol menggunakan lem
  6. balut tutup dengan kertas menggunakan lem
  7. untuk membuat hidung babi, tempelkan dua lingkaran pada tutup botol
  8. rekatkan sepasang mata diatas hidung menggunakan lem 

(vidio kegiatan proses pembuatan celengan BABI)
sumber :


Segitu dulu ya, sekilas kegiatan kelompok KKN 07 TEMATIK universitas trunojoyo madura, sukses selalu untuk kita,Semoga bermanfaat, 

#KKN 07
#ULALAAAAAAAA

created by : KKN 07, DESA TORJUN, KECAMATAN TORJUN, SAMPANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome to Torjun Village

Pemberian Suntik Vaksin Diftri

Senam Bersama Warga Desa torjun